Kamis, 08 Juli 2010

Ensiklopedia Bocah Muslim - EBM

-->  



Ensiklopedi Bocah Muslim adalah buku referensial anak muslim Indonesia yang pertama. Menyajikan dasar-dasar pengetahuan yang paling dibutuhkan anak pada awal masa perkenalannya dengan dunia ilmu pengetahuan (Islam agamaku, Tubuhku, Indonesiaku, Masyarakat & Bangsa, Tokoh Idolaku, Sejarah, Seni, Mamalia, Burung & Serangga, Reftil & Ampibi, Tumbuhan, Bumi kita, Alam semesta, Sains, Teknologi).

Elemen-elemennya dirancang untuk mengembangkan 9 kecerdasan anak (Kinestetik, Linguistik, Matematis logis, Spasial, Visual, Interpersonal, Intrapersonal, Natural, Musikal).Materi disampaikan melalui kerangka tauhid (memandang sains dan agama bukan sesuatu yang terpisah). Dirancang khusus untuk mengembangkan IQ, EQ dan SQ.




“Melalui ensiklopedi ini, Anda akan melihat lebih dekat keagungan dan keindahan Allah SWT.”
(Harun Yahya, cendekiawan muslim dari Turki)



Buku ini merupakan terobosan penting untuk meningkatkan wawasan anak-anak Muslim, orang tua, dan pendidik di bidang ilmu pengetahuan umum serta agama secara terpadu. Bahasanya mendorong anak-anak bersikap kritis, kreatif, inovatif. Pembaca juga diajak belajar dengan cepat, terarah, dan tidak membosankan.” (KH. Dr. Miftah Faridl)


Salah satu keunikan buku Ensiklopedi Bocah Muslim, adalah adanya bagian yang mengajak anak-anak untuk ikut memainkan berbagai kegiatan yang menarik. Sali dan Saliha akan mengajak anak-anak untuk meneliti, melakukan percobaan, membuat karya atau kegiatan lain yang mengasyikkan. Permainan ini berhubungan dengan tema yang sedang dibahas.

Contohnya, di jilid Teknologi, bab Alat Transportasi yang berjudul ” Naik Kereta Api Tut tut Tuuut…..” Anak di ajak untuk membuat kereta api dari bahan-bahan yang ada di sekeliling kita. Seperti ini cuplikan nya :

“Naik kereta api memang seru. Tetapi, lebih seru lagi apabila membuatnya. Sali dapat berjalan-jalan dengan kereta api buatanya sendiri. Sali menyediakan tiga dus yang disambungkan dengan tali. Satu dus dipotong untuk membuat cerobong asap. Roda dibuat dari gulungan kertas yang direkatkan pada bambu. Langkah terakhir membuat jendela dengan menggunakan spidol. Bagus, bukan ? “

Karena bahan-bahan yang digunakan sangat mudah, maka kami (saya dan si kecil) memutuskan untuk coba bikin kereta apinya ..
Kumpulin bahan-bahannya dulu …



Bahan membuat mainan Kereta Api


Setelah potong sana potong sini, lem sana lem sini ….. ini niy hasilnya :

Kereta Api Tut tut tuuutt....


Wah asyik juga …. Lumayan.. tahan sampai 1 bulan, bisa menghemat budget untuk beli mainan.



Cara Menjelajahi Ensiklopedi ini ...



  • Tema yang luas mencakup Al-Islam, manusia, kehidupan masyarakat, sejarah, seni, dunia binatang dan ekosistem, geografi, geologi, astronomi, sains, dan teknologi. Bahasa bertutur yang mudah dipahami dan tetap ilmiah.
  • Dilengkapi kutipan Ayat Al-Qur’an, Hadits Nabi, Kata Mutiara dan Do’a.
  • Kotak Aktivitas membantu anak lebih memahami materi yang disajikan. Berbagai jenis aktivitas sangat membantu melatih kecerdasan kinestetik (fisik) anak.
  • Kosakata menyajikan kamus mini tiga bahasa serta memperkenalkan istilah-istilah agama dan istilah teknis berbagai disiplin ilmu. Rubrik ini sangat membantu perkembangan kecerdasan linguistik anak.
  • Fasilitas Lacak atau indeks terusan membantu anak menghubungkan satu tema dengan tema yang lain. Rubrik ini melatih anak untuk mengelompokkan, membedakan, menghubungkan, dan berbagai kecakapan logis matematis lainnya.
  • Kisah-kisah memukau membantu menguatkan kesan anak terhadap materi yang disajikan. Kisah-kisah yang sarat pesan moral membantu meningkatkan kecerdasan intrapersonal dan interpersonal.
  • Data-data teknis yang lebih detil disajikan dalam Catatan Kecilku.
  • Informasi tambahan dan tips keayahbuandaan disajikan dalam rubrik khusus Untuk Ayah dan Ibuku.
  • Lebih dari 8.000 ilustrasi yang terdiri dari foto, gambar realis, kartun, dan vignet membantu mengasah kecerdasan visual/spasial anak. serta elemen-elemen lain yang membantu mengembangkan 9 jenis kecerdasan anak Anda.




Daftar Isi dan Arahan Materi :
  1. ISLAM AGAMAKU. Memberika pemahaman tentang Islam, sehingga anak menjadi yakin bahwa Islam layak dan wajib menjadi tuntunan hidupnya.
  2. TUBUHKU. Anak mampu mengenali dirinya, baik dari segi fisik, mekanisme kerja tubuh, kejiwaan dan tujuan penciptaannya.
  3. INDONESIAKU. Anak mengenal lingkungan negeri tempat tinggalnya.
  4. MASYARAKAT & BANGSA. Anak mampu mengenal dan memahami keragaman masyarakat dan bangsa yang ada di dunia.
  5. TOKOH IDOLAKU. Anak mampu mengenal tokoh-tokoh muslim yang punya andil besar dalam sejarah peradaban umat manusia, dan agar tumbuh semangat melanjutkan perjuangan mereka.
  6. SEJARAH. Anak dapat mengambil pelajaran dari masa lalu.
  7. SENI. Mengenalkan pada anak tentang dunia seni.
  8. DUNIA BINATANG & MAMALIA. Anak dapat mengenal pengklasifikasian binatang, mengambil pelajaran dari kehidupan mereka, dan menumbuhkan sikap proporsional dalam memperlakukan binatang.
  9. BURUNG & SERANGGA. Anak dapat mengenal pengklasifikasian binatang, mengambil pelajaran dari kehidupan mereka, dan menumbuhkan sikap proporsional dalam memperlakukan binatang.
  10. IKAN, REFTIL & AMPHIBI. Anak dapat mengenal pengklasifikasian binatang, mengambil pelajaran dari kehidupan mereka, dan menumbuhkan sikap proporsional dalam memperlakukan binatang.
  11. TUMBUHAN. Anak memahami fungsi tumbuhan dalam kehidupannya.
  12. BUMI KITA. Anak memahami bahwa kehidupan di dunia ini sangat tergantung pada sejauh mana manusia mampu merawat bumi.
  13. ALAM SEMESTA. Anak memahami bahwa dia hidup pada suatu alam yang maha luas, sehingga tidak merasa besar dan sombong.
  14. SAINS. Anak memahami keteraturan hukum alam sebagai sunatullah dan kemahakuasaan Allah.
  15. TEKNOLOGI. Anak memahami cara kerja suatu alat.


















Keterangan :

  • Alur tema dari jilid 1 sampai 15 : alur dari mikrokosmos (diri manusia) menuju makrokosmos (sesuatu di luar manusia) dan diakhiri oleh teknologi sebagai alat bantu kehidupan manusia, dirancang demikian karena Islam memberi penekanan bahwa penemuan diri identik dengan penemuan kebenaran (Allah).
  • Inilah yang menjadikan Ensiklopedi Bocah Muslim berbeda dengan ensiklopedi “barat”, yang menempatkan keajaiban alam dan kekuatan teknologi sebagai sesuatu yang istimewa dan menempatkan tema kemanusiaan dan kemasyarakatan pada posisi sub ordinat. DMNV3FQQ2MQC


Komentar tentang Ensiklopedi Bocah Muslim


“Mata anak adalah mata yang takjub memandang dunia, Ensiklopedi Bocah Muslim ini memberikan warna-warni sebagian keindahan itu.” (Dr. Karlina Leksono, ilmuwan)


Ensiklopedi Bocah Muslim ini baik untuk memenuhi rasa ingin tahu anak yang lebih besar pada pembacanya. Mudah-mudahan, buku ini dapat membangkitkan energi anak-anak muslim untuk menjadi manusia yang senantiasa belajar.” (Fajar Ardian, Peraih Medali Emas Olimpiade Fisika International Tingkat SMU ke 33)





“Buku ini membuat Tasya ingin terus membaca, soalnya isinya lengkap sih. Tasya yakin, teman-teman juga suka buku ini.” (Tasya, Artis)




MANFAAT KESELURUHAN ENSIKLOPEDI BOCAH MUSLIM :
  • Membantu anak memahami konsep dasar Islam dalam memandang berbagai aspek kehidupan
  • Mengembangkan kemampuan anak dalam memahami nilai, norma dan tindakan-tindakan serta dampak-dampaknya
  • Membangun pengetahuan dasar yang kuat pada diri anak sehingga anak menjadi siap dan unggul
  • Membantu anak mengembangkan potensi berpikir yang integral (menyangkut sembilan kecerdasan)




15 Jilid buku 44-56 Halaman per Jilid.
Sampul : Hardcover.
Kertas Isi Matpaper 120 gr.
Editor Ahli : KH. Miftah Faridl, DR. Moedji Raharto, DR. Taufikurrahman,
Museum Geologi, Yasraf Amir Piliang.
Editor Kepala : Irfan AmaLee


Sekarang Kesempatan Promo BULAN INI

Miliki buku Ensiklopedi Bocah Muslim dengan

diskon 10%

1 set paket Buku Ensiklopedi Bocah Muslim.


Daftar Harga Lengkap


Kata Kunci terkait dari Artikel ini:
Buku Anak Ensiklopedi Bocah MuslimBuku Anak Ensiklopedi BocahBuku Anak Ensiklopedi MuslimBuku Anak Bocah MuslimBuku Anak EnsiklopediBuku Anak BocahBuku Anak MuslimBuku Anak EBMBuku AnakBuku MDS Ensiklopedi Bocah MuslimBuku MDS Ensiklopedi BocahBuku MDS Ensiklopedi MuslimBuku MDS Bocah MuslimBuku MDS Ensiklopedi
Buku MDS BocahBuku MDS MuslimBuku MDS EBMBuku MDSBuku MIZAN Ensiklopedi Bocah MuslimBuku MIZAN Ensiklopedi BocahBuku MIZAN Ensiklopedi MuslimBuku MIZAN Bocah MuslimBuku MIZAN EnsiklopediBuku MIZAN BocahBuku MIZAN MuslimBuku MIZAN EBMBuku MIZANBuku Ensiklopedi Bocah MuslimBuku Ensiklopedi BocahBuku Ensiklopedi MuslimBuku Bocah Muslim
Buku EnsiklopediBuku BocahBuku MuslimBuku EBMBukuEnsiklopedi Bocah MuslimEnsiklopedi Bocah Ensiklopedi MuslimBocah MuslimEnsiklopediBocahMuslimEBMHarga Buku Anak Ensiklopedi Bocah MuslimHarga Buku Anak Ensiklopedi BocahHarga Buku Anak Ensiklopedi MuslimHarga Buku Anak Bocah MuslimHarga Buku Anak EnsiklopediHarga Buku Anak BocahHarga Buku Anak MuslimHarga Buku Anak EBMHarga Buku AnakHarga Buku MDS Ensiklopedi Bocah MuslimHarga Buku MDS Ensiklopedi BocahHarga Buku MDS Ensiklopedi MuslimHarga Buku MDS Bocah MuslimHarga Buku MDS EnsiklopediHarga Buku MDS BocahHarga Buku MDS MuslimHarga Buku MDS EBMHarga Buku MDSHarga Buku MIZAN Ensiklopedi Bocah MuslimHarga Buku MIZAN Ensiklopedi BocahHarga Buku MIZAN Ensiklopedi MuslimHarga Buku MIZAN Bocah MuslimHarga Buku MIZAN EnsiklopediHarga Buku MIZAN BocahHarga Buku MIZAN MuslimHarga Buku MIZAN EBMHarga Buku MIZANHarga Buku Ensiklopedi Bocah MuslimHarga Buku Ensiklopedi BocahHarga Buku Ensiklopedi MuslimHarga Buku Bocah MuslimHarga Buku EnsiklopediHarga Buku BocahHarga Buku MuslimHarga Buku EBMHarga BukuHarga Ensiklopedi Bocah MuslimHarga Ensiklopedi BocahHarga Ensiklopedi MuslimHarga Bocah MuslimHarga EnsiklopediHarga BocahHarga MuslimHarga EBMToko Buku Anak Ensiklopedi Bocah MuslimToko Buku Anak Ensiklopedi BocahToko Buku Anak Ensiklopedi MuslimToko Buku Anak Bocah MuslimToko Buku Anak EnsiklopediToko Buku Anak BocahToko Buku Anak MuslimToko Buku Anak EBMToko Buku AnakToko Buku MDS Ensiklopedi Bocah MuslimToko Buku MDS Ensiklopedi BocahToko Buku MDS Ensiklopedi MuslimToko Buku MDS Bocah MuslimToko Buku MDS EnsiklopediToko Buku MDS BocahToko Buku MDS MuslimToko Buku MDS EBMToko Buku MDSToko Buku MIZAN Ensiklopedi Bocah MuslimToko Buku MIZAN Ensiklopedi BocahToko Buku MIZAN Ensiklopedi MuslimToko Buku MIZAN Bocah MuslimToko Buku MIZAN EnsiklopediToko Buku MIZAN BocahToko Buku MIZAN Muslim
Toko Buku MIZAN EBMToko Buku MIZANToko Buku Ensiklopedi Bocah MuslimToko Buku Ensiklopedi BocahToko Buku Ensiklopedi MuslimToko Buku Bocah MuslimToko Buku Ensiklopedi
Toko Buku BocahToko Buku MuslimToko Buku EBMToko BukuToko Ensiklopedi Bocah MuslimToko Ensiklopedi BocahToko Ensiklopedi MuslimToko Bocah MuslimToko EnsiklopediToko BocahToko MuslimToko EBM

Artikel yang berkaitan :



7 komentar:

  1. ala kenal kawan...
    itu harun yahya saya seringlihat videonya,banyak pengetahuan yang dapat diperoleh...

    BalasHapus
  2. @jangkrikTerima kasih tambahan dan kunjungannya Mas. Semoga dapat lebih banyak pengetahuan disini dengan buku2 yg bermutu.

    BalasHapus
  3. luar biasa blog yang sangat bermanfaat sekli..

    BalasHapus
  4. Bukunya bagus sekali untuk pendidikan anak. Saya yakin kalau dari kecil, anak-anak Indonesia sudah diajarkan dengan cara yang ada di dalam buku ini. Sangat tidak menutup kemungkinan. Pada saatnya nantilah Indonesia yang akan memegang peranan besar dalam khasanah keilmuan. Ayo dibaca bukunya.

    BalasHapus
  5. thanks for visit. ok saling silaturahim :D

    BalasHapus

Next previous home